Siap siap tilang elektronik akan berlaku di Pringsewu

  • Whatsapp

Lampung – Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu Lampung akan menerapkan penindakkan hukum lalu lintas secara elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu Iptu Bima Alief Caesar Gumilang, S.Tk. S.Ik.

Bacaan Lainnya

Bahwa, ETLE di Pringsewu terkendala perangkat hardware dan software dan perangkat tersebut belum ada.

Foto istmw : Kondisi jalan lintas barat pusat ibukota pringsewu lampung.

Karena, program ETLE tidak hanya sekedar dengan CCTV (Closed Circuit Television) yang terpasang.

” Wacana penerapan ETLE itu, akan dipasang dipusat ibukota Pringsewu. Karena banyaknya angka pelanggaran lalu lintas,” kata Bima.

Ia pun membenarkan, bila sejumlah titik wilayah ibu kota Kabupaten Pringsewu terdapat CCTV yang sudah terpasang dari program pemerintah kabupaten (Pemkab), namun menurutnya CCTV tersebut tidak dapat digunakan untuk mendukung program ETLE.

CCTV yang sudah terpasang hanya bisa untuk melakukan pemantauan namun belum memenuhi standard untuk mendukung program ETLE.

Kasat lantas mengatakan, CCTV untuk program ETLE ini mempunyai kemampuan khusus. Bisa otomatis motret kendaraan yang melakukan pelanggaran. Selain itu kualitas fotonya tidak buram.

Selanjutnya, setelah data kendaraan yang melakukan pelanggaran dapat diketahui berikut data pemiliknya. kemudian, petugas mengirimkan surat ke pemilik sesuai alamat yang terdata.

Bila kendaraan itu sudah pindah tangan, pemilik yang tertera dalam data kendaraan tersebut bisa langsung konfirmasi ke kantor Sat Lantas atau pun melalui website.

Meskipun penindakan secara ETLE belum bisa diterapkan, ucap kasat lantas melanjutkan, pihaknya akan tetap melakukan Penindakan terhadap pelanggar Lalu Lintas khususnya yang kasat mata dan berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan lalu lintas seperti tidak menggunakan helm, melawan arah, ugal ugalan dijalan raya dan Over Dimension Overload (ODOL).

Dan berkaitan ETLE ini, Bima Alief mengaku telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Dia berharap Pemkab mendukung dengan anggaran supaya program ETLE bisa terealisasi di Pringsewu. (n).

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *