Pringsewu terima Penghargaan Capaian Makro Pembangunan

  • Whatsapp
Caption : Piagam penghargaan

Lampung – Kabupaten Pringsewu mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik Tingkat Provinsi Lampung dalam Pencapaian Makro Pembangunan Daerah Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Lampung, Arinal Junaidi kepada Bupati Pringsewu yang di wakili oleh Asisten Bidang Administrasi, Hasan Basri, SE, MM pada saat Musrenbang RKPD Provinsi Lampung Tahun 2023 di Hotel Novotel Bandar Lampung (11/4).

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Bappeda Pringsewu, Akhmad Fadoli, M.Si, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Provinsi Lampung kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang telah berhasil mengoptimalkan indikator makro pembangunan.

“Dalam hal ini kita mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai tolak ukur kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari posisi minus menjadi positif, menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran tersebut, serta mampu mengendalikan tingkat inflasi daerah, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga,” kata Fadoli.

Juga, bahwa capaian Indikator Makro Pembangunan Tahun 2021 yang mencakup IPM Kabupaten Pringsewu adalah sebesar 70,45 dan menjadi yang tertinggi dari seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Lampung.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pringsewu sebesar 2,91% atau lebih tinggi dari Provinsi Lampung (2,79%). Jumlah penduduk miskin di Pringsewu mampu diturunkan dari 9,89% tahun 2020 menjadi 9,71% pada tahun 2021.

Begitu pula untuk Tingkat Pengangguran Terbuka juga mampu di turunkan dari 5,77% tahun 2020 menjadi 4,84% tahun 2021. Kemudian untuk iflasi tetap terjaga di angka 2,74.

“Dengan capaian tersebut maka secara umum di Kabupaten Pringsewu tetap kondusif. Masyarakat mampu melaksanakan aktifitas perekonomian secara wajar, tidak ada gejolak sosial dan ekonomi yang signifikan. Pola pikir masyarakat Pringsewu juga sangat dinamis dan semakin kreatif dalam mencermati perubahan dan peluang yang ada di sekelilingnya. Kondisi ini merupakan modal dasar yang utama dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembangunan di Kabupaten Pringsewu,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu menurut Fadoli menyampaian terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mewujudkan prestasi tersebut.

“Mari kita pelihara kebersamaan yang selama ini kita bangun, untuk tetap menjaga Kabupaten Pringsewu sebagai daerah yang nyaman bagi semua pihak yang beraktifitas dibidang ekonomi, kegiatan kemasyarakatan, keagamaan dan budaya,” tegas Fadoli. (Red).

 

Loading

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *